Srategi Digital Marketing UMKM Bulan Ramadhan
Di bulan Ramadhan, banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang merasa
khawatir dengan potensi penurunan omzet. Namun, sebenarnya bulan Ramadhan dapat
menjadi peluang untuk mengoptimalkan bisnis UMKM. Ramadhan bisa menjadi momentum
UMKM dalam meningkatkan bisnisnya dengan memanfaatkan berbagai perubahan yang
terjadi ketika sebagian besar masyarakat tengah berpuasa.
Selama bulan Ramadhan, kebutuhan konsumen biasanya berubah. Perubahan ini dapat
membantu UMKM dalam mengoptimalkan bisnis dengan menawarkan produk-produk khusus
Ramadhan, seperti makanan dan minuman berbuka puasa, busana muslim, dan dekorasi
Ramadhan, hingga perlengkapan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Anda juga dapat
menawarkan diskon khusus untuk produk-produk tersebut, dan jangan lupa menyiapkan
persediaan yang cukup untuk memenuhi permintaan.
Ramadhan juga dapat menjadi waktu yang tepat bagi pelaku UMKM untuk menciptakan
produk yang lebih kreatif dan inovatif. Misalnya, dengan menawarkan kue kering, paket sahur
atau paket berbuka yang unik, dan menawarkan busana muslim dengan model yang berbeda
dari produk yang sudah ada di pasaran. Dengan menawarkan produk yang unik dan inovatif,
UMKM dapat menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan selama bulan
Ramadhan.
Lalu, hal apa saja yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan bisnis UMKM di bulan
Ramadhan?
Disinilah dalam Dialog Bisnis Ramadhan dengan tema; Srategi Digital Marketing UMKM
Bulan Ramadhan yang diselenggarakan oleh BTM Business Consulting (BBC). Ingin
melakukan eksplorasi secara dalam tentang marketing digital di bulan Ramadhann bersama
para pelaku digital marketing. Taktik dan stategi jitu apa yang dilakukan oleh para pelaku
UMKM dalam memanfaatkan digitalisasi saat ini.