Tvmuhammadiyah.id – Yogyakarta, sebagai upaya untuk menyelaraskan arah gerak pengelolaan media sosial, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melalui bagian Media dan Komunikasi PP Muhammadiyah gelar Pelatihan Creative Thingking dan Penulisan Berita bagi pengelola media sosial Majelis, Lembaga, Biro dan Unsur Pembantu Persyarikatan (UPP) serta Awardee Lensamu Academy batch 1.
“Kegiatan pelatihan seperti ini menjadi ruang bagi peserta untuk terus belajar dan menjadi ruang untuk berbagai ilmu tentang pengelolaan media sosial di masing-masing lembaga, Biro dan UPP.” ujar Rossa Kusuma Azhar selaku Kepala Bagian Media dan Komunikasi PP Muhammadiyah saat membuka Pelatihan yang bertempat di Aula Kantor PP Yogyakarta pada Senin (6/1/25)
Sesi pertama diisi oleh Erwan Sudiwijaya Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang membahas materi terkait creative thingking.
Out of the box menjadi tema yang diangkat untuk memulai berfikir kreatif.
“ada pembeda saat kita membuat konten media sosial, pembeda tersebut yang menjadi ciri khas dari masing-masing lembaga yang kita kelola” ujarnya
Erwan juga mengajak peserta terlibat langsung dalam pembuatan ide konten selama 1 minggu dengan menggunakan treatment “Dragons” Dialogue, Relevant, Authentic, Give value, Opinion, Nich, Sales.
Sesi kedua menghadirkan Fajar Junaedi atau yang akrab disapa Mas Jun yang juga dosen Prodi Ilmu Komunikasi UMY. Mas Jun membahas materi penulisan berita tentang kaidah, langkah, dan pertimbangan struktur jurnalistik.
“salah satu langkah untuk menulis berita dengan melakukan riset yang mendalam libatkan diri pada subjek atau sumber berita, agar berita yang kita sajikan dapat tajam dan informasi yang disuguhkan menarik” ujarnya.
Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan, yang memang sangat dibutuhkan oleh pengelola media sosial UPP untuk menentukan strategi mengelola media sosial yang tepat dan bijak. (A’E)